Selasa, 21 September 2010

Amankan Account Facebook Anda

. Selasa, 21 September 2010

Oke, Pada postingan kali ini saia akan kembali share tips dan trick ttg bagaimana caranya mengamankan account FB kita. Pastinya kita semua sudah tahu bahwa facebook merupakan salah satu jejaring sosial terbesar di Indonesia, dengan banyaknya user yang terdaftar tentunya juga tidak akan luput dari incaran para tangan" jahil yang ingin mengetahui username n' password kita, tentunya dengan motif yang beragam. Dan sudah banyak sekali berjatuhan korban baik itu melalui social enginering ataupun melalui tools" peretas smacam keyloger dll. Tindakan ini jelas sangat meresahkan kita sbagai user(pemakai) apalagi bagi teman" kita yang msh awam ttg masalah security dsb. Untuk mengantisipasi hal itu disini saia sudah menyiapkan beberapa tips dan trick ttg cara pengamanan account FB, dan point-point dibawah ini bisa dijadikan refrensi bagi teman-teman yang ingin mencobanya. Berikut hal-hal penting yang harus diperhatikan...


1.Email

Email merupakan muara dari segala informasi account kamu yang ada di facebook, jadi email merupakan bagian paling dan sangat terpenting dalam hal ini.Untuk lebih baiknya, hanya saran loh , untuk account di facebook sebaiknya membuat email khusus yang di gunakan hanya untuk facebook. Untuk cara membuat email silahkan googling ajah kalo yang belum tau,.

*Bagaimana membuat email yang aman??? (sering bgt ditanyakan)

A.Form Pengisian Pendaftaran Email

Yang harus bener2 diperhatikan adalah ketika kita mengisi form pendaftaran email. Form yang harus di perhatikan lebih adalah:
Form tgl lahir, form negara kita berasal, form kode pos, form pertanyaan pribadi (jgn terlalu jujur dalam mengisi form-form ini), maksud dari jgn terlalu jujur adalah jgn mengisi sesuai data diri kita yang sebenernya, kalo bisa di buat seunik mungkin, gak bisa di terka sama org lain, misal dalam form pertanyaan pribadi:"Apa nama binatang piaraan kamu?" jawab:"sayur asem memang enak",.hehehe,.berbohong untuk kebaikan bolehlah,.

B.Nama dan Password Email

Buat nama email seunik mungkin. (dah pada tau kalo yg ini)
Buat pass email yang susah bgt, bisa menggunakan kombinasi huruf gede kecil, angka, dan simbol, misal: *1Bu^p3rg1#K3!p4S4r*
Jgn membuat password yang menyangkut data diri kita, misal:tgl lahir, nama kita, nama mantan, nama ortu, nama suami, alamat, no telp, dll. DILARANG KERAS!!!

2.Pengaturan Account di Facebook

Sebaiknya dalam pengaturan privaci harus di setting hanya temen yang tahu. Ini dimaksudkan agar org lain yang bukan menjadi teman kita tidak bisa melihat info kita. Cara pengaturannya adalah sbb: login ke FB -> pengaturan -> pengaturan privasi -> informasi profil dan informasi kontak ->setting hanya temen yg tahu, khusus email sebaiknya di setting tidak seorang pun.

3.Bedakan Password dan buat password yg kuat

Ini hukumnya Wajib !!! bedakan password email dan password facebook, gak boleh sama !!!
Untuk password facebook sebaiknya juga menggunakan aturan dlm pembuatan password email. Misal: #@6454!7646*690070%#

4.Hati2 terhadap pemalsuan kelamin dan topeng wajah hehehehe....

Maksudnya adalah hati2 saat mengapprove teman. Banyak skrg ini cowok or cewek yg menyamar di FB nya. Biasanya cowok menggunakan id cw dgn nama yang sekota mungkin dan foto yg seseksi dan se-CUTE mungkin, beberapa kasus cowok berwajah pas2an ato mungkin jelek mengganti pict profilenya dgn pict org lain yg jauh lebih tampan dan keren, biasanya buat menggaet cw-cw bodoh tapi cantik. Ngapain juga seh ganti2 pict org lain, gak puas yach sama apa yg diberikan sama yg Kuasa?Gak PeDe dgn diri sendiri? cowok bodoh kalo gitu!!! hehehehe
Kalo pengalaman saia, sebelum mengapprove temen biasanya saia mengirimkan msg ke dia, tau dari mana, serta menanyakan anak mana,.jika referensi teman lihat temennya bisa dipercaya apa gak, kalo jawaban dia boong bisa dinalar ajah kok, kembali lagi ke kuatan insting. hehehehehe,. )

Ok kakak satu bahasan udah selese, skrg lanjut ke bahasan selanjutnya...hehehe,

Bahasan selanjutnya adalah "Dari Mana Sech Cracker Bisa dapet Acc Facebook kita???"

1.Soceng (Social Enginering) / Penipuan

Banyak member FB yg kena sama trick ini, malahan ada salah satu group yang ada di FB yang dibuat khusus untuk penipuan ini. Uda Aurel666 sudah membuka dan membahasnya di group itu. Group gak mutu itu. hehehe kita hajar saja group itu..... upsssttt maap propokasi hehehehehe
cara menghindari dari penipuan ini adalah kita gak langsung percaya thd link yang diberikan oleh sesorang ato siapapun, apalagi jika link tsb disuruh memasukan email dan password anda. BERHATI-HATILAH!!!.

2.Cracker Forgot password email korban

Nah ini ada hubungannya kenapa diatas tadi ada bahasan ttg membuat email yang aman.
Biasanya, terutama kaum hawa yang lemah, dalam membuat email asal-asalan dan penuh dgn kejujuran. Dan sialnya karena kejujuran itu malah disalah gunakan sama org yg gak bertanggung jawab. Salah satu celah cracker bisa mendapatkan password facebook anda karena craker mengetahui email yang digunakan buat facebook anda. Ketika si cracker tau email itu, bukan facebook anda yang diserang, tapi adalah email anda yang dicari passwordnya oleh si cracker. caranya adalah si cracker akan mencoba untuk mereset password email tsb. Dalam verifikasi per-resetean password email biasanya menggunakan beberapa pertanyaan. Pertanyaan2 itu adalah yang ada di form pembuatan email yang sudah saia ulas tadi. Jadi mengapa kita berbohong, disinilah jawabannya... hehehehe , jadi ketika si cracker mendapatkan password email yg di gunakan buat fb maka kemungkinan besar fb anda juga akan terserang dgn mudahnya. Kenapa mudah???Yach karena verifikasi reset password facebook kan dikirim ke email tsb.
Cara ini sptnya spele, tapi jgn dikira,.banyak korban juga loh dari sini...karena apa???karena dalam pembuatan pondasi emailnya kurang kuat,.hehehhe pondasi..kaya pengen bangun rumah ajah yach... hehehehehe...

3.Snifing jaringan
Kalo yg ini jujur saia sendiri lom pernah coba, mungkin ada teman" yang mau berbagi ttg pengalamannya ????
walaupun menggunakan HTTPS saia rasa hal ini masih bisa di intip...

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com