Sabtu, 12 Maret 2011

Basic of Command Prompt

. Sabtu, 12 Maret 2011

Kalau kita ngomongin command promt maka apa yang terlintas di benak anda??? sebagian orang mungkin akan bilang ( perintahnya ribet, ga' ngerti, whatever lah...) tapi bagi sebagian orang yang paham akan komputer mereka pasti bilang ( Wajib dipelajarin tuh, salah satu tool buat hacking tuh, dll)

Kenapa sih kita harus bisa ngotak - atik cmd pada Windows or shell pada Linux??? karena didalam cmd atau shell memiliki akses untuk mengambil alih kewenangan tanpa batas atas sistem dengan ketentuan, para calon hacker harus paham akan fungsi dari apa yang ada didalam cmd dan shell..

Dalam artikel ini saya tidak membahas tentang shellnya Linux ( maaf..kalo shellnya Linux saya ga' paham banget, saya cuma tau perintah ls doang...so jangan marah ya...) yang akan saya bahas kali ini adalah bagaimana caranya mempelajari dan menganalisa perintah - perintah yang ada di cmdnya Windows.

Woi...gimana caranya masuk ke cmd??? Tenang...pertanyaan yang ada di benak kalian akan saya jawab, saya akan menjelaskannya dari dasar karna "Basic is more Important then Everything" bener ga??? Jadi bagi kalian yang merasa sudah mahir dengan cmd, anda boleh melewatkan artikel ini.

Cara masuk cmd yang saya tau seperti ini Klik start - run dan ketik cmd lalu tekan enter maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini :



Seorang Hacker juga bisa dibilang cerdas dan kreatif apabila hacker tersebut tidak menggunakan tool-tool khusus saat melakukan aktifitas hackingnya atau mungkin haker tersebut hanya menggunakan cmd untuk melakukan hacking ke situs www.xxx.com ( dulu cmd digunakan oleh hacker untuk melakukan ddos lho...atau sering dikenal dengan Ping of Death )

Sebagai modal awal untuk melangkah kedunia hacking, maka wajib hukumnya untuk mempelajari perintah - perintah yang ada di cmd atau shell ( trus gimana cara nyari tau perintah - perintahnya dong....) untuk mengetahui perintah apa saja yang ada di cmd maka setelah anda masuk ke cmd coba ketik help.



Tuh...banyak kan perintah yang bisa anda pelajarin disitu dibaca ya...jangan di liatin doang ( Woi... kok ga' ada contoh penulisan sintaknya & perintah cmd biasanya kan ada attibut/parameternya, gimana carannya gw bisa tau attribut/parameter apa yg digunakan ??) gampang kok..anda tinggal menambahkan sintak /? pada perintah cmd tersebut, misalnya anda ingin tau attribut/parameter dari perintah ATTRIB itu apa saja, maka anda tinggal menambahkan sintak /? setelah mengetikkan perintah ATTRIB dari pada bingung liat gambar di bawah aja ya...



Woi lagi nih...berarti kalo gw mo tau attribut suatu perintah cmd, gw harus ngetik satu-satu perintahnya trus ditambahin sama tanda /? gitu, cape' deh....ga' ada cara laen yang lebih gampang apa, lagi pula cara ngetik attributnya juga ga' dijelasin disitu contoh penulisannya juga, tau gitu gw ga' bakal baca nih artikel. (oia bener juga ya... )

Sebelum saya menjawab berbagai macam protes dari kalian, saya mo sedikit cerita dulu, boleh ya..Suatu hari salah satu sahabat saya si Samo main kerumah saya dan dia bilang "gw punya tips cmd dari si icen nih....tapi gw belum praktekin..lu cobain deh" setelah saya praktekkan tips yang dikatakan si samo, Gila man...ternyata tips tersebut sangat - sangat bagus bwangetz, mo tau apanya yang bagus.

OK sekarang anda ikuti cara yang saya lakukan ini dari Samo dan si Samo tau dari Icen dan si Icen itu tau dari siapa ya....ah,,ga' penting ini dari siapa dan dari mana, yang penting artikel ini bisa anda gunakan secara bebas, gratis, dan terus dikembangkan OK!!!

Klik kanan pada desktop lalu pilih New - Shortcut maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini, pada bagian Type the location of the item ketik perintah berikut : ( jgn sampe salah ketik ya...)

hh.exe ms-its:c:/windows/ntcmds.chm::/ntcmds.htm



Lalu klik next, masukkan nama shortcutnya, terserah anda mo dikasih nama apa, sebagai contoh saya memberi nama "help cmd" lalu klik finish deh.

Maka di desktop anda akan tercipta sebuah shortcut baru dengan nama help cmd lalu coba didobel klik setelah terbuka klik pada colom sebelah kiri pada bagian Command-line reference A-Z, maka dikolom sebelah kanan ada urutan alfabet dari A-Z. Sampe sini saya anggap anda sudah paham maksud dari alfabeth tersebut (enak aja gw masih belom ngerti nih....) OK saya akan menjelaskan untuk yang terakhir kalinya, maksud dari Command-line reference ini adalah sebuah program yang berisi tentang pertolongan menggunakan cmd, pertolongannya ini berupa perintah apa saja yang tersedia di cmd, contoh-contoh penulisan sintak secara detail mulai dari A sampe Z, dll. Sekarang tugas anda adalah pelajari perintah cmd tersebut dan dipraktekkan OK....



2 komentar:

Ricko's Blog mengatakan...

mantap...

rafience mengatakan...

mantab,ijin share gan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Poskan Komentar

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com